Home New here? Sign Up | Log out

Total Pageviews

Label

Thursday, May 1, 2014

Bintang dan Momen

Thursday, May 1, 2014
0 comments


"Een lange ingespannen blik
Hecht zich soms aan een sterke ster,
Die alleen staat en stralend ver,
Stil als een eeuwig oogenblik."


Kutipan puisi berjudul Ster. Dari buku Serenade karya J. Slauerhoff

read more

Wednesday, August 28, 2013

Ketika Hasan Basri Muda Jatuh Cinta

Wednesday, August 28, 2013
5 comments
Bicara tentang cinta tak kan ada habisnya. Karena memang sudah fitrahnya manusia dibekali oleh hati, hati yang dapat merasa. Ya, begitulah. Bahkan manusia pertama, Nabi Adam dan Hawa pun dulu juga telah memiliki rasa cinta bukan?

Di pagi hari ini, aku mendapatkan suatu hikmah dari buku "Bukan Sekedar Cerita" Suatu buku yang berisi tentang cerita-cerita hikmah baik berasal dari zaman Rasul maupun para pendahulu dan juga zaman sesudahnya. Aku buka daftar isinya, sejenak aku tertegun pada suatu judul "Ketika Hasan Basri Jatuh Cinta". Ya, judul itulah yang menarik perhatianku untuk membacanya untuk pertama kali dibanding kisah yang lain.
----------------------------------------------------

Hasan Basri muda adalah pemuda yang rupawan dan manis. Ia selalu berpakaian serba bagus dan tidak jarang jalan-jalan mengelilingi kota Basrah. Ia senang tinggal di kota itu.

Suatu saat, ketika ia berjalan-jalan, dia melihat seorang wanita cantik jelita. Hatinya terpikat kepada wanita tersebut. Lalu dibuntutinya wanita itu. Merasa diikuti, wanita tersebut menoleh kepada Hasan Basri dan berbicara, "Tidak malukah Anda?"

Hasan Basri menjawab, "Kepada siapa saya harus malu?"

Wanita itu menjawab, "Tentu saja malu pada Allah, yang mengetahui kelakuan mata dan hati."

Kata-kata wanita itu justru membuat Hasan Basri penasaran. Sempat terjadi pergolakan, tetapi kecantikan dan pesona wanita itu seolah membetot sukmanya, terutama dua matanya yang jeli memikatJiwa mudanya membuatnya ingin mengikutinya lagi. Wanita itu bertanya, "Mengapa kamu mengikutiku terus?"

"Aku tergoda oleh kedua matamu."

"Aku akan memenuhi apa yang kamu inginkan." Kata wanita itu menjawab. Karena merasa cintanya tersambut oleh sang wanita, Hasan sangat gembira.

Tiba-tiba munculkan wanita pelayan menemui Hasan Basri dan bilang bahwa majikannya sakit keras dan berpesan bahwa, "Aku tidak menginginkan kedua bola mata yang menjadikan orang terfitnah. Jika Allah mengizinkan pasti akan kuberikan kedua biji mata ini kepadamu." (Sumber lain, ex: Kitab Duratun Nasihin,  menjelaskan bahwa selain menyampaikan pesan itu, wanita pelayan itu juga memberikan kedua bola mata sang wanita yang dicintai Hasan)

Mengetahui hal ini Hasan sangat gelisah dan mencela dirinya sendiri, "Sungguh celaka aku, sudah berjenggot tapi rasa maluku kalah dengan seorang wanita." Semalaman ia menangis, menyesali dengan apa yang telah dia lakukan.

Keesokan harinya, Hasan Basri menuju rumah sang wanita untuk meminta maaf dan meminta kehalalan dari wanita tersebut. Namun saat tiba di rumahnya, rumahnya tertutup dan terdengar suara tangisan dari dalamnya. Lalu sang tetangga mengatakan bahwa pemilik rumah tersebut, yang tak lain adalah wanita yang dicintai Hasan, telah meninggal dunia. Hasan Basri sangat menyesal, dia makin tenggelam dalam kesedihan. Tiga hari lamanya ia tak keluar rumah, waktunya dia habiskan untuk menyesal dan bertaubat pada Allah atas kesalahan dan kelalainnya dalam urusan cinta.

Dan di hari ketiga, Hasan Basri bermimpi melihat wanita duduk di surga. Wanita yang tampak di mimpinya tak lain adalah wanita tersebut.

Hasan Basri berkata, "Berikan aku maaf atas apa yang aku lakukan!"

Wanita itu berkata, "Aku telah memaafkanmu, karena aku telah memperoleh banyak kebaikan dari Allah dengan sebab dirimu."

Hasan berkata lagi, "Berilah aku nasihat!"

Wanita itu berkata, "Ketika engkau dalam kesendirian, berdzikirlah pada Allah. Kerika engkau berada di pagi dan sore hari, beristighfarlah dan bertaubatlah pada Allah!"

Lalu Hasan Basri terbangun. Dan nasehat wanita dalam mimpi tersebut menjadi renungannya. Lalu ia bersungguh-sunggu mempelajari ilmu agama, dan akhirnya jadilah ia ulama besar yang namanya tetap dikenang hingga saat ini..

----------------------------------------------------------------
Itulah cerita hikmah dari ulama besar Hasan al Basri. Dari cerita ini kita mendapat banyak pelajaran. Manajemen cinta. Di mana cinta harus kita kontrol saat belum ada status halal. Bukan kita dilarang untuk mencintai lawan jenis, tapi posisikan dirimu sebagai hamba yang memiliki Tuhan. Menikah adalah cara untuk mencapai kehalalan tersebut. Jika belum siap, maka berpuasalah. Seperti itulah yang diajarkan nabi pada salah satu hadist..  Di samping itu, satu hal yang dapat dijadikan pelajaran dari cerita tersebut adalah bahwa Allah Maha Penerima Taubat. Tak peduli seburuk apa engkau di masa lalu, masih ada masa depan yang masih menjadi impian dan harapanmu. Saya bukanlah orang yang paling sempurna sehingga saya menasehati anda, tapi saya hanya belajar dan akan terus belajar, dan saya hanya memberikan sedikit ilmu agar kita sama-sama saling ditunjukkan sabila haq, jalan kebenaran..


read more

Friday, October 12, 2012

Download Passing Grade SNMPTN Counter

Friday, October 12, 2012
3 comments
Hei kalian adek-adek kelas XII yang saat ini mungkin sedang bimbang, resah, dan risau karena SNMPTN 2013! Sudahi tuh semua. Semangat..

Berita terbaru menyatakan kalo kompisisi penerimaan mahasiswa tahun 2013 yaitu 50% snmtpn undangan, 30% snmptn tulis, 20% lokal. Mungkin kalo ada perubahan mendatang ane kagak tahu lagi lo gan :p

Nah. Peluang kalian paling gede di SNMPTN Undangan. Makanya bikin nilai raport yang tinggi dan grafiknya oke. Perbanyak sertifikat juara lomba akademis. Dan yang ga kalah penting cari PTN yang para alumni SMA-mu banyak di situ, itu juga menentukan. Kalo bisa kalian tembus via undangan. Karena biaya kuliah sama dengan SNMPTN Tulis (yang notabene lebih murah dari penerimaan lokal) dan juga kalian bakal bebas 2 bulan. Kalian akan free di saat teman kalian yang gagal di jalur ini masih berjuang keras mempersiapkan SNMPTN Tulis..

Bagaimana dengan SNMPTN Tulis? Oke, mungkin cuma 30% kuotanya dan yang ikut "sisa" dari SNMPTN Undangan. Tapi banyak anggapan bahwa jalur inilah yang paling keren, paling super. Karena hanya didasarkan dari satu indikator, yaitu nilai tes. Paling valid.. Namun untuk menghadapi SNMPTN Tulis kalian kudu belajar giat. 

Intinya apapun jalur masuknya, pasti diperlukan usaha yang real, keras, dan konsisten. Ada slogan buat kalian semua:
Belajar dan berdoa serutin mungkin. Percayalah, sedetik kamu lengah, jutaan lawanmu di sana sedang berjuang dan mempersiapkan senjata untuk mengalahkanmu."

Kalau tahun lalu, SNMPTN Undangan dulu lalu SNMPTN Tulis. Nah, sembari ngenteni hasil SNMPTN Undangan, kerjakan soal-soal tahun lalu dan soal latihan. Gunakan Timer dan hitung passing grade-mu. Sebenarnya sih passing grade itu tidak ada dalam SNMPTN Tulis. Namun ini yang biasa digunakan oleh lembaga bimbingan belajar untuk mengetahui grafik dan potensi binaannya untuk screening di ujian yang nyata.  

Ini broo, sist.. Ane bikinin penghitung passing grade SNMPTN yang aku bikin dengan Ms.Excel dengan memperhatikan rumus dan formula yang padu.. Oke, silahkan download GRATIS.. Keep share..


read more

Tuesday, October 2, 2012

"Spirit of Life" di Kota "Spirit of Java"

Tuesday, October 2, 2012
1 comments
2006. Itulah kali pertama aku datang di kota Surakarta, kota yang lebih akrab dibilang Solo. Ake berwisata ke kraton dan tuku klambi batik dan kaos. Dari keraton aku ke PGS. Yah jalan kaki menikmati suasana kota solo yang sangat beda dengan kampoeng ku, Jember..

2012. Ini kali kedua aku menginjakkan di kota Solo. Aku datang di datang di saat Pak Jokowi pergi. Namun sekarang berbeda. Jika dulu yang pertama aku masih kecil dan hanya sebatas dolan. Tapi kali ini aku datang sebagai pengembara ilmu. Jadi mahasiswa kedokteran di PTN di Solo (opo hayoo.haha). Dari kecil memang tak ada bayangan sama sekali ane mau kuliah di kota Solo. Tapi ketika aku menginjak kelas 11 SMA, aku mulai merajut asa untuk kuliah di sini. Dan alhamdulillah, aku bisa kuliah di sini. Perjuangan masih panjang dan aku tak ingin menjadi orang yang mengingkari nikmat-Nya. Aku bulatkan spirit of life di sini, di kota the spirit  of Java.. I hope I get success in here :) Amiiinn..



Ini fotoku di depan gerbang UNS. Menghadap ke belakang karena sadar diri. Haha 



  Foto di depan rektorat UNS. Pose santaiii..
ki-ka : Elvia, Darma, Ilham Gendut, "Me"



Fotoku bareng teman-teman kelompok ospek. Sedang makan di Piz** H*t (disensor yaa biar yang lain tidak iri.. :p) 
ki-ka : Iqbal, Bram, "Aku", ZainAri, Agung, Darma dan Dika



Sedang ESQ, penyejukan jiwa dan membakar spirit agar belajar di sini hanya didasarkan pada ibadah krn Allah.. :") 
ki-ka: Farkhan, Agung, Helmi, Slamet, Mifta, Hafidz, Ilham, "Gua", Rizki, Darma, Aldi, dan Yusuf.






read more

Sunday, April 8, 2012

Tunggu Aku di Surga

Sunday, April 8, 2012
0 comments
Masih terpatri erat dalam ingatanku
Masih tertulis jelas dalam lembaran kisahku
Masa-masa yang indah bersamamu
Di mana bahagia berjaya selalu

Kini semua tinggal kenangan
Karena waktu tak mungkin kembali
Kini semua hanyalah sebuah kisah
Karena engkau selamanya pergi

Hari-hariku slalu terpenjara sepi
Sepi yang tak berujung hingga mengoyak luka hati
Aku lemah, aku rapuh, bagai lapisan tipis air yang beku
Dan hampa slalu terasakan sukma
Karena aku tanpamu bagai dunia tanpa lagu

Kematian adalah takdir
Siapa yang bernyawa pasti akan mati
Aku pun demikian Entah kapan aku pasti akan menjemputmu
Tunggu aku di tempat terindah
Di mana kedamaian menjadi istananya
Tunggu aku di surga, Dinda..

 --------------------------------

Ini puisi aku bikin karena ini merupakan tugas Bahasa Indonesia pas kelas . Bukan karena aku puitis. wkaka. Eman2 juga kalo cuma sekedar tersimpan di laptop..

read more

Sunday, March 25, 2012

Game Conan vs Kindaichi

Sunday, March 25, 2012
0 comments

Detective Conan dan Detective Kindaichi. Mereka adalah tokoh yang terdapat dalam manga Japan. Sangat populer dan sangat tak asing bagi penggemar kartun serial detektif.
Daya nalar mereka yang sangat mengagumkan membuat mereka selalu berhasil menguak kejahatan yang selalu dipenuhi trik-trik tingkat dewa.
Inilah game Conan vs Kindaichi. Game ini bisa dimainkan di Nintendo DS. Buat kamu yang tak punya, tenang aja, download emolator aja.. Dijamin seru dah..
DOWNLOAD CONAN VS KINDAICHI GAME
DOWNLOAD NINTENDO DS EMOLATOR

read more

Sunday, June 5, 2011

Demokrasi Sumber Korupsi

Sunday, June 5, 2011
2 comments

Mari kita berbicara tentang politik. :D Banyak yang mengganggap demokrasi adalah sistem pemerintahan yang terbaik. Namun faktanya semua itu bohong belaka. -- " Mengapa? Karena KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) di Indonesia justru tumbuh berjaya karena demokrasi. Kok bisa? Yaiyalah,pada percaya kan kalo sekarang korupsi sudah menjamur? Hm..

Menurut catatan Transparency International Indonesia indeks korupsi di Indonesia tidak menurun, masih bertahan di angka 2,8. Posisi itu sama dengan periode sebelumnya. Indonesia berada di peringkat 110 dari 178 negara yang disurvey terhadap indeks persepsi korupsi. (antaranews,26 Oktober 2010).

DPR dan DPRD sebagai perwujudan demokrasi adalah sarang pelaku korupsi. Berdasarkan hasil survey kemitraan, lembaga legislatif menempati urutan pertama sebagai lembaga terkorup disusul yudikatif dan eksekutif. Survei itu menyebutkan korupsi legislatif 78%, yudikatif 70% dan eksekutif 32% (mediaindonesia,21/4). Ckckc. :( Terbukti kan kalo demokrasi itu sumber korupsi. Hm...

Lalu, bagaimanakah demokrasi yang baik? Seperti artinya, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Tentunya demokrasi bisa dikatakan berjalan dengan baik jika demokrasi di Indonesia ini sudah bisa untuk rakyat, artinya rakyat makmur dan sejahtera. Benar,kan? Jadi,para wakil rakyat/legislatif hendaknya tidak melakukan korupsi dan benar-nenar menyalurkan aspirasi rakyat.

Oke, dengan mengetahui fakta ini apakah sistem demokrasi ini lebih baik diganti, kawan? Semua boleh berpendapat. Namun, saya pribadi berpendapat TIDAK. Hanya saja diperlukan langkah yang baik dan bijak untuk mengatasinya. Contohnya, hukuman pelaku korupsi diperberat, jangan cuma beberapa tahun. Hm.. Yang kedua, tentunya sikap rakyat. Rakyat perlu memilih wakil rakyat secara tepat dengan hati nurani, jangan asal milih ato milih karena politik uang.

Ya, kita berharap agar korupsi bisa benar-benar diberantas sampe tuntas dan semoga demokrasi kita bisa berjalan lancar sehingga rakyat bisa makmur dan sejahtera.





Disarikan dari berbagai sumber.

read more

Saturday, April 30, 2011

Campus Girl Crisis - Detective Game

Saturday, April 30, 2011
2 comments
Wanna be a detective boy like Detective Conan or Detective Kindaichi? Yeah, maybe it is very interesting. And what will you do if your rector give you a job to investigate the girls abduction in your campus? You must accept it, the girls need you. Don't let kidnapper abduct some beautiful girls. You must save them. Who is the kidnapper? You will be shocked when you know who is the mastermind behind this crisis. And why the kidnapper abduct some beautiful girls? Know the answer and LET'S SAVE BEAUTIFUL GIRLS IN YOUR CAMPUS!!! DOWNLOAD

read more