Home New here? Sign Up | Log out

Pages

Sunday, June 5, 2011

Demokrasi Sumber Korupsi

Sunday, June 5, 2011

Mari kita berbicara tentang politik. :D Banyak yang mengganggap demokrasi adalah sistem pemerintahan yang terbaik. Namun faktanya semua itu bohong belaka. -- " Mengapa? Karena KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) di Indonesia justru tumbuh berjaya karena demokrasi. Kok bisa? Yaiyalah,pada percaya kan kalo sekarang korupsi sudah menjamur? Hm..

Menurut catatan Transparency International Indonesia indeks korupsi di Indonesia tidak menurun, masih bertahan di angka 2,8. Posisi itu sama dengan periode sebelumnya. Indonesia berada di peringkat 110 dari 178 negara yang disurvey terhadap indeks persepsi korupsi. (antaranews,26 Oktober 2010).

DPR dan DPRD sebagai perwujudan demokrasi adalah sarang pelaku korupsi. Berdasarkan hasil survey kemitraan, lembaga legislatif menempati urutan pertama sebagai lembaga terkorup disusul yudikatif dan eksekutif. Survei itu menyebutkan korupsi legislatif 78%, yudikatif 70% dan eksekutif 32% (mediaindonesia,21/4). Ckckc. :( Terbukti kan kalo demokrasi itu sumber korupsi. Hm...

Lalu, bagaimanakah demokrasi yang baik? Seperti artinya, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Tentunya demokrasi bisa dikatakan berjalan dengan baik jika demokrasi di Indonesia ini sudah bisa untuk rakyat, artinya rakyat makmur dan sejahtera. Benar,kan? Jadi,para wakil rakyat/legislatif hendaknya tidak melakukan korupsi dan benar-nenar menyalurkan aspirasi rakyat.

Oke, dengan mengetahui fakta ini apakah sistem demokrasi ini lebih baik diganti, kawan? Semua boleh berpendapat. Namun, saya pribadi berpendapat TIDAK. Hanya saja diperlukan langkah yang baik dan bijak untuk mengatasinya. Contohnya, hukuman pelaku korupsi diperberat, jangan cuma beberapa tahun. Hm.. Yang kedua, tentunya sikap rakyat. Rakyat perlu memilih wakil rakyat secara tepat dengan hati nurani, jangan asal milih ato milih karena politik uang.

Ya, kita berharap agar korupsi bisa benar-benar diberantas sampe tuntas dan semoga demokrasi kita bisa berjalan lancar sehingga rakyat bisa makmur dan sejahtera.





Disarikan dari berbagai sumber.

2 comments:

KIR SMASA said...

setuju dengan pendapatmu. bahwa walau demokrasi sumber korup, pemerintahan negara kita memang paling baik ya demokrasi. kalau mau diganti pun juga tak bisa semudah itu.
sekarang tergantung pemerintah qta dlam mengambil langkah yang bijak untuk mengatasinya.

Agil Noviar Alvirosa said...

haha.. semoga Indonesia lebih baik ya :)

Post a Comment